Sunday 28 June 2015

Contoh RPP untuk Kelas 1

Contoh RPP PAI SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SD ....
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Tema                                   :    Aku Cinta al-Qur’an
Subtema                              :    Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Kelas/Semester                   :    I / I

A.      Materi Pokok                 
HurufHijaiyyahdanHarakatnya

B.       AlokasiWaktu    
1x4Jam Pelajaran

C.      TujuanPembelajaran    
Melalui metode drill (latihan) peserta didik dapat:         
1.      Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahdenganbenar
2.      Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahberharakatdenganbenar

D.      Kompetensi Dasar                     
4.1     Melafalkanhuruf-hurufhijaiyahdanharakatnyasecaralengkap

E.       Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1   Mendemonstrasikanpelafalanhuruf-hurufhijaiyahdenganbenar
4.1.2   Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahberharakatdenganbenar


F.       MateriPembelajaran
    
1.    Huruf-hurufhijaiyyah

Sin
zai
ra
Żal
dal
kha
¥a
jim
£a
ta
Ba
alif

Mim
lam
kaf
Qaf
Fa
gain
àin
§a
¯a
«ad
șad
syin

ya
hamzah
ha
wau
nun

2.    Huruf-hurufhijaiyahberharakat
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atautasykiladalahtandabaca yang ditempatkanpadahuruf Arabuntukmemperjelasdalampengucapanhuruftersebut.
Harakatdipakaiuntukmempermudahcaramembacahuruf Arab bagi orang awam, pemulaataupelajardanbiasanyadituliskanpadabuku-bukupendidikan, bukuanak-anak, kitabsucial-Quran, walaupundalampenulisansehari-haritidakmenggunakanharakat, karenapadaumumnya orang Arab sudahpahamdanmengertiakantulisan yang merekabaca, namunkadangjugadigunakansebagaipenekanandarisuatu kata terutamapada kata-kata yang kurangumumdigunakanuntukmenghindarikesalahaanpembacaan.

Macamharakat

a.    Fathah

Fathah (فتحة) =
Adalahharakat yang berbentuklayaknyagaris horizontal kecil  yangberada di atassuatuhuruf Arab yang melambangkanfonem /a/. Secaraharfiah, fathahitusendiriberartimembuka, layaknyamembukamulutsaatmengucapkanfonem /a/.Ketikasuatuhurufdiberiharakatfathah, makahuruftersebutakanberbunyi /-a/, contohnyahuruf lam (ل) diberiharakatfathahmenjadi /la/ (لَ).

b.   Kasrah

Kasrah (كسرة) =
Adalahharakat yang berbentuklayaknyagaris horizontal kecil,  yangdiletakkan di bawahsuatuhurufarab, harakatkasrahmelambangkanfonem /i/. Secaraharfiah, kasrahbermaknamelanggar.Ketikasuatuhurufdiberiharakatkasrah, makahuruftersebutakanberbunyi /-i/, contohnyahuruf lam (ل) diberiharakatkasrahmenjadi /li/ (لِِِ).

c.    Damah
 


Damah (ضمة) =
adalahharakat yang berbentuklayaknyahurufwau (و) yang diletakkan di atassuatuhurufarab( ُ), harakatdamahmelambangkanfonem /u/. Ketikasuatuhurufdiberiharakatdamah, makahuruftersebutakanberbunyi /-u/, contohnyahuruf lam (ل) diberiharakatdammahmenjadi /lu/ (لُ).

G.      MetodePembelajaran

Metode:
1.    TanyaJawab
2.    Drill (latihan)

Model :
Direct  Instruction(model pengajaranlangsung)
dipadukandengan model make a match (membuat/mencaripasangan),

H.      Media Pembelajaran
Poster tulisan
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

I.         SumberBelajar
1.    Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
2.    Buku Belajar Huruf Hijaiyyah


J.        Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi huruf hijaiyah dan harakatnya;
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitupeserta didik dapat mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyahdan harakatnyadengan benar;
f.      Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.     Menyampaikantahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, mendemonstrasikanpelafalan huruf hijaiyahdan harakatnyasecara berulang-ulang dengan benar.
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal inidilakukanuntukmengkonkretkanantaraapa yang diucapkandanbentuktulisannya


20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Guru mencoba secara acak menunjuk satuatau dua peserta didik untuk melafalkan beberapa huruf hijaiyah denganmemperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat (media by desain). Peserta didik lainnya melihatdanmenyimakpelafalanhurufhijaiyyah yang dilakukanoleh model yang ditunjuk. Selanjutnya guru memberikanpenguatan.
·      Pesertadidiksecaraindividual maupunklasikaldimintauntukmelihatdanmencermatigambar di ataskartonatautayangangambartempatkeluarnyahurufhijaiyyahsebagaiberikut:



·      Berdasarkangambaratautayangangambar, guru mendemonstrasikan pelafalanhuruf hijaiyah per huruf secara berulang,pesertadidikmencermatibaiksecara individual ataupunklasikal.

b.    Menanya
·      Guru membagipesertadidikkedalambeberapakelompok. Setiapkelompokmempersiapkanpertanyaan yang berkaitandenganjumlahhurufhijaiyyah, carapelafalandantempatkeluarnyalafalhurufhijaiyyahberdasarkangambaratautayangangambardancontohpelafalan yang diberikanoleh guru atau model
·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain.Kelompoklainmenjawabpertanyaan-pertanyaan yang diajukankepadanya.
·      Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan jumlah huruf hijaiyyah, carapelafalannya dan tempat keluarnya lafalhuruf hijaiyyah berdarkan gambar atau tayangan gambar.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi

MelafalkanHurufHijaiyyah

·      Guru mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah per hurufsecaraberurutandanberulang. Pesertadidiksecara individual maupunklasikalmenirukannya. Padawaktuitu juga guru langsungmembimbingdanmembetulkanpelafalan yang kurangtepat, baiksecara individual maupunklasikalsehinggaselesai.
·      Secaraacak guru menunjukpesertadidikmendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyah.
·      Guru memberikanpenguatanpelafalanhurufhijaiyahsecaralengkap.
·      Dengan menggunakan model make a match, guru membagikan kertas—yang bertuliskan huruf hijaiyah dengan bunyi bacaannya dicampur secara acak—kepada peserta didik, kemudian secara berkelompok atau berpasangan peserta didik saling mencaripasanganmasing-masinghurufdenganterlebihdahulumelafalkanhuruf yang akandicaripasangannya.

Melafalkan huruf hijaiyahberharakat
·      Guru mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahdenganharakatfathah, mulaidarihurufalifsampaiya, diikutiolehseluruhpesertadidik secaraberulang(lakukan 2-3 kali).
·      Pelafalandilakukansecaraberulang-ulangsehingga peserta didik benar-benar mampumelafalkannyadenganbenar
·      Selanjutnya, mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyah dengan harakat kasrah, dan damah, mulai dari huruf alif sampai ya, diikuti oleh seluruh peserta didik (lakukan 2-3 kali)
·      Secaraacak guru menunjukpesertadidikmendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahberharakat
·      Guru membagipesertadidikkedalambeberapapasanganmaupunkelompok. Setiappesertadidikdalampasanganmaupunkelompoksecarabergantianmendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyyahberharakatsecarabergantiandan yang lainmemberikanpenguatan.
·      Guru menunjukperwakilandarisetiappasanganmaupunkelompokuntukmendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyyahberharakat, sementarapasanganataukelompok lain mencermatidanmemberikanpenguatan.
·      Guru memberikan penguatan dengan kembali mendemonstrasikan pelafan huruf hijaiyyah berharakat dan diikuti oleh peserta didik secara klasikal.

d.    Asosiasi
·      Secara individual maupunkelompok, pesertadidikmengelompokkanpelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya
·      Selanjutnya, pesertadidikbaiksecaraindividumaupunkelompok mengidentifikasi huruf hijaiyah danharakatnyadari tingkat yang paling mudah dan sukar.

e.    Komunikasi.
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya  baik secara kelompok maupun individual.
·      Peserta yang lain baiksecara individual maupunkelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Pesertadidikmembuatkesimpulan dibantu dan dibimbing guru

75 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

K.      Penilaian Hasil Belajar

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya
Contoh:
Beritanda (V) di kolomsudahataubelum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku biasamelafalkanhurufhijaiyyah


2.
Aku biasamelafalkanharakathurufhijaiyyah


3.
dst…..



Observasi
·      Mengamati pelafalan  huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf

Tes
·      Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya

Keterangan: (kegiatan pelaksanaan model make a match)

No.
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket.
Kerja sama
Keaktifan
inisiatif
Penguasaan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

























Catatan:
1.    Apabilapesertadidikbelummemperlihatkanperilaku yang dinyatakandalamindikator.
2.    Apabilasudahmemperlihatkanperilakutetapibelumkonsisten yang dinyatakandalamindikator.
3.    Apabilasudahmemperlihatkanperilakudansudahkosisten yang dinyatakandalamindikator.
4.    Apabilasudahmemperlihatkanperilakukebiasaan  yangdinyatakandalamindikator.

RentangSkor     =  SkorMaksimal-Skor Minimal
                          =  16 - 4
                          =  12
                                     
MK   =   14 - 16
MB   =   11-  13
MT    =   8 - 10
BT     =   4-7

Keterangan:           
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).


Rubrik Penilaianmelafalkan huruf hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat)

No.
Nama
Kriteria*
1
2
3
4
5
1.






2.






3.






dst.







*Catatankriteria:
1.    Sangatlancar        :    Apabilapesertadidikdapatmelafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.    Lancar                  :   Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdenganlancar, akantetapimasihadakesalahankurangdari 2.
3.    Sedang                 :    Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdenganlancar, akantetapimasihadakesalahankurangdari 5.
4.    Kuranglancar       :    Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdengankuranglancar.
5.    Tidaklancar          :    Apabilapesertadidiktidakdapatmelafalkanhurufhijaiyah

L.       SumberBelajar
2.    Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
3.    Poster tulisan
4.    Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
5.    Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video



Mengetahui,
KepalaSD.....




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI




.................................................
NIP. ........................................


Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :