Pahami tujuan utama anda membuat blog.
Pahami terlebih dahulu tujuan utama anda membangun blog itu sebenarnya untuk apa. Apakah hanya untuk menulis kegiatan harian anda di blog, semacam buku diary online. Atau membuat blog untuk mengembangkan usaha anda di dunia nya. Atau mungkin ingin mendapatkan penghasilan dari blog dengan menulis artikel-artikel informatif dan menjadi publisher iklan. Saya rasa masih banyak motif-motif lain tidak bisa saya sebutkan di sini. Memahami tujuan anda membuat blog akan lebih memudahkan anda menentukan target pengunjung blog nantinya.
Pahami target pengunjung blog.
Setelah anda memahami tujuan anda membuat blog, sekarang saatnya anda mengisi blog anda dengan sebanyak-banyaknya informasi, artikel, postingan, yang mendukung tujuan anda tersebut. Dan sebisa mungkin hindari mengisi blog yang tidak sejalan dengan tujuan anda. Hal ini berhubungan dengan target pengunjung atau visitor blog anda nantinya.
Sebagai contoh anda membuat blog toko online sepatu untuk mengembangkan usaha sepatu milik anda. Sudah seharus nya anda mengisi blog anda dengan informasi tentang sepatu yang anda buat, dimana lokasi anda, berapa harga nya, apakah ada diskon gede-gedean atau tidak dan lain-lain. Target pengunjungnya tentu saja orang yang lagi cari sepatu, atau orang yang mau beli sepatu secara online kan. Namun jika anda mencampur isi blog anda dengan tutorial blogger misalnya, maka target awal akan berubah dan tercampur dengan pengunjung dari kalangan blogger. Apakah teman blogger akan membeli sepatu anda secara online, mungkin saja. Namun seberapa besar kemungkinan teman blogger akan membeli sepatu anda ?. Jangan membuang energi dan pikiran anda untuk pengunjung yang kemungkinan kecil akan membeli produk anda. Tetap fokus pada target utama anda saja.Dapatkan pengunjung dari search engine google.
Setelah anda memahami target pengunjung untuk blog anda nantinya, sekarang saat nya membuat pengunjung menemukan blog anda dari search engine. Menurut saya hal ini adalah tahapan paling sulit dalam mendapatkan pengunjung blog yang tertarget ke blog anda, tapi juga bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Buatlah strategi SEO agar artikel blog anda bisa berada di halaman pertama hasil pencarian google. Artikel harus terfokus pada tujuan awal anda membuat blog, semakin banyak artikel yang saling menunjang satu sama lain, maka semakin kuat posisi artikel anda di search result google.
Jika cara tersebut masih belum mampu membuat artikel anda bersaing di google, salah satu cara terbaik lainnya adalah iklan kan website atau blog anda di google adwords. Sudah banyak pemilik usaha online yang sukses setelah mereka mengiklan kan produk nya di google adwords. Namun bagaimana jika blog anda bukan jenis blog usaha atau toko online. Tidak ada produk yang dijual, atau iklan yang harus ditampilkan di blog anda. Apakah anda juga harus mengiklankan nya di google adwords ?. Saya rasa tidak perlu, karena hal ini akan memperbesar pengeluaran anda hanya untuk blog yang non komersil seperti ini.
Masih ada cara gratis lainnya untuk mendatang kan pengunjung dari search engine untuk jenis blog non toko online atau komersil lainnya. Manfaatkan google webmaster tools anda untuk mendapatkan traffic dari search engine. Pedoman google webmaster tools yang di sediakan akan mampu membantu menaikkan posisi blog dalam hasil pencarian google. Selain cara-cara lewat internet, masih ada cara konvensional yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung di blog anda. Mengiklan kan blog anda di media elektronik seperti televisi, radio, dan juga media cetak seperti koran, majalah, brosur, maupun stiker juga mampu menambah pengunjung blog anda. Jangan lupa tulis blog anda di kartu nama agar blog anda juga diketahui oleh pelanggan anda. Sekian dan terima kasih.
Pahami terlebih dahulu tujuan utama anda membangun blog itu sebenarnya untuk apa. Apakah hanya untuk menulis kegiatan harian anda di blog, semacam buku diary online. Atau membuat blog untuk mengembangkan usaha anda di dunia nya. Atau mungkin ingin mendapatkan penghasilan dari blog dengan menulis artikel-artikel informatif dan menjadi publisher iklan. Saya rasa masih banyak motif-motif lain tidak bisa saya sebutkan di sini. Memahami tujuan anda membuat blog akan lebih memudahkan anda menentukan target pengunjung blog nantinya.
Pahami target pengunjung blog.
Setelah anda memahami tujuan anda membuat blog, sekarang saatnya anda mengisi blog anda dengan sebanyak-banyaknya informasi, artikel, postingan, yang mendukung tujuan anda tersebut. Dan sebisa mungkin hindari mengisi blog yang tidak sejalan dengan tujuan anda. Hal ini berhubungan dengan target pengunjung atau visitor blog anda nantinya.
Sebagai contoh anda membuat blog toko online sepatu untuk mengembangkan usaha sepatu milik anda. Sudah seharus nya anda mengisi blog anda dengan informasi tentang sepatu yang anda buat, dimana lokasi anda, berapa harga nya, apakah ada diskon gede-gedean atau tidak dan lain-lain. Target pengunjungnya tentu saja orang yang lagi cari sepatu, atau orang yang mau beli sepatu secara online kan. Namun jika anda mencampur isi blog anda dengan tutorial blogger misalnya, maka target awal akan berubah dan tercampur dengan pengunjung dari kalangan blogger. Apakah teman blogger akan membeli sepatu anda secara online, mungkin saja. Namun seberapa besar kemungkinan teman blogger akan membeli sepatu anda ?. Jangan membuang energi dan pikiran anda untuk pengunjung yang kemungkinan kecil akan membeli produk anda. Tetap fokus pada target utama anda saja.Dapatkan pengunjung dari search engine google.
Setelah anda memahami target pengunjung untuk blog anda nantinya, sekarang saat nya membuat pengunjung menemukan blog anda dari search engine. Menurut saya hal ini adalah tahapan paling sulit dalam mendapatkan pengunjung blog yang tertarget ke blog anda, tapi juga bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Buatlah strategi SEO agar artikel blog anda bisa berada di halaman pertama hasil pencarian google. Artikel harus terfokus pada tujuan awal anda membuat blog, semakin banyak artikel yang saling menunjang satu sama lain, maka semakin kuat posisi artikel anda di search result google.
Jika cara tersebut masih belum mampu membuat artikel anda bersaing di google, salah satu cara terbaik lainnya adalah iklan kan website atau blog anda di google adwords. Sudah banyak pemilik usaha online yang sukses setelah mereka mengiklan kan produk nya di google adwords. Namun bagaimana jika blog anda bukan jenis blog usaha atau toko online. Tidak ada produk yang dijual, atau iklan yang harus ditampilkan di blog anda. Apakah anda juga harus mengiklankan nya di google adwords ?. Saya rasa tidak perlu, karena hal ini akan memperbesar pengeluaran anda hanya untuk blog yang non komersil seperti ini.
Masih ada cara gratis lainnya untuk mendatang kan pengunjung dari search engine untuk jenis blog non toko online atau komersil lainnya. Manfaatkan google webmaster tools anda untuk mendapatkan traffic dari search engine. Pedoman google webmaster tools yang di sediakan akan mampu membantu menaikkan posisi blog dalam hasil pencarian google. Selain cara-cara lewat internet, masih ada cara konvensional yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung di blog anda. Mengiklan kan blog anda di media elektronik seperti televisi, radio, dan juga media cetak seperti koran, majalah, brosur, maupun stiker juga mampu menambah pengunjung blog anda. Jangan lupa tulis blog anda di kartu nama agar blog anda juga diketahui oleh pelanggan anda. Sekian dan terima kasih.