Contoh RPP PAI SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
....
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Aku Cinta al-Qur’an
Subtema : Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya
Kelas/Semester :
I / I
A.
Materi Pokok
HurufHijaiyyahdanHarakatnya
B.
AlokasiWaktu
1x4Jam Pelajaran
C.
TujuanPembelajaran
Melalui
metode drill (latihan) peserta didik dapat:
1. Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahdenganbenar
2. Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahberharakatdenganbenar
D.
Kompetensi Dasar
4.1 Melafalkanhuruf-hurufhijaiyahdanharakatnyasecaralengkap
E.
Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1 Mendemonstrasikanpelafalanhuruf-hurufhijaiyahdenganbenar
4.1.2
Mendemonstrasikanpelafalanhurufhijaiyahberharakatdenganbenar
F.
MateriPembelajaran
1.
Huruf-hurufhijaiyyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sin
|
zai
|
ra
|
Żal
|
dal
|
kha
|
¥a
|
jim
|
£a
|
ta
|
Ba
|
alif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mim
|
lam
|
kaf
|
Qaf
|
Fa
|
gain
|
àin
|
§a
|
¯a
|
«ad
|
șad
|
syin
|
|
|
|
|
|
ya
|
hamzah
|
ha
|
wau
|
nun
|
2.
Huruf-hurufhijaiyahberharakat
Harakat (Arab: حركات, harakaat) atautasykiladalahtandabaca yang ditempatkanpadahuruf Arabuntukmemperjelasdalampengucapanhuruftersebut.
Harakatdipakaiuntukmempermudahcaramembacahuruf
Arab bagi orang awam,
pemulaataupelajardanbiasanyadituliskanpadabuku-bukupendidikan, bukuanak-anak,
kitabsucial-Quran, walaupundalampenulisansehari-haritidakmenggunakanharakat,
karenapadaumumnya orang Arab sudahpahamdanmengertiakantulisan yang merekabaca,
namunkadangjugadigunakansebagaipenekanandarisuatu kata terutamapada kata-kata
yang kurangumumdigunakanuntukmenghindarikesalahaanpembacaan.
Macamharakat
a. Fathah
Adalahharakat yang
berbentuklayaknyagaris horizontal kecil
yangberada di atassuatuhuruf Arab yang melambangkanfonem /a/.
Secaraharfiah, fathahitusendiriberartimembuka,
layaknyamembukamulutsaatmengucapkanfonem
/a/.Ketikasuatuhurufdiberiharakatfathah, makahuruftersebutakanberbunyi /-a/,
contohnyahuruf lam (ل)
diberiharakatfathahmenjadi /la/ (لَ).
b. Kasrah
Adalahharakat yang
berbentuklayaknyagaris horizontal kecil,
yangdiletakkan di bawahsuatuhurufarab, harakatkasrahmelambangkanfonem
/i/. Secaraharfiah, kasrahbermaknamelanggar.Ketikasuatuhurufdiberiharakatkasrah,
makahuruftersebutakanberbunyi /-i/, contohnyahuruf lam (ل) diberiharakatkasrahmenjadi /li/ (لِِِ).
c.
Damah
adalahharakat yang
berbentuklayaknyahurufwau (و) yang diletakkan
di atassuatuhurufarab(
ُ), harakatdamahmelambangkanfonem /u/.
Ketikasuatuhurufdiberiharakatdamah, makahuruftersebutakanberbunyi /-u/, contohnyahuruf
lam (ل)
diberiharakatdammahmenjadi /lu/ (لُ).
G.
MetodePembelajaran
Metode:
1. TanyaJawab
2. Drill (latihan)
Model :
Direct Instruction(model pengajaranlangsung)
dipadukandengan
model make a match (membuat/mencaripasangan),
H.
Media Pembelajaran
Poster tulisan
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
I.
SumberBelajar
1.
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I
SD
2.
Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyah
dan harakatnya
Contoh:
Beritanda
(V) di kolomsudahataubelum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
Aku
biasamelafalkanhurufhijaiyyah
|
|
|
2.
|
Aku
biasamelafalkanharakathurufhijaiyyah
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Observasi
·
Mengamati pelafalan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai
makharijul huruf
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan
huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf
Tes
·
Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyah dan
harakatnya
Keterangan: (kegiatan pelaksanaan
model make a match)
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jml skor
|
Nilai (MK,MB,MT,BT)
|
Ket.
|
||||||||||||||||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
inisiatif
|
Penguasaan materi
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
1. Apabilapesertadidikbelummemperlihatkanperilaku
yang dinyatakandalamindikator.
2. Apabilasudahmemperlihatkanperilakutetapibelumkonsisten
yang dinyatakandalamindikator.
3. Apabilasudahmemperlihatkanperilakudansudahkosisten
yang dinyatakandalamindikator.
4. Apabilasudahmemperlihatkanperilakukebiasaan yangdinyatakandalamindikator.
RentangSkor =
SkorMaksimal-Skor Minimal
= 16 - 4
= 12
MK = 14 - 16
MB =
11- 13
MT = 8 -
10
BT =
4-7
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Rubrik Penilaianmelafalkan huruf
hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat)
No.
|
Nama
|
Kriteria*
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
*Catatankriteria:
1. Sangatlancar : Apabilapesertadidikdapatmelafalkan
huruf hijaiyah dengan lancar.
2. Lancar : Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdenganlancar,
akantetapimasihadakesalahankurangdari 2.
3. Sedang :
Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdenganlancar,
akantetapimasihadakesalahankurangdari 5.
4. Kuranglancar : Apabilapesertadidikdapatmelafalkanhurufhijaiyahdengankuranglancar.
5. Tidaklancar : Apabilapesertadidiktidakdapatmelafalkanhurufhijaiyah
L.
SumberBelajar
2.
Buku Belajar Huruf Hijaiyyah
3.
Poster tulisan
4.
Kartu bertuliskan huruf hijaiyah
5.
Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
Mengetahui,
KepalaSD.....
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP.
........................................
|